Perilaku
konsumen dan cakupan prilaku konsumen
PENDAHULUAN
1
Prilaku Konsumen dan Cakupan Prilaku Konsumen
Prilaku Konsumen dan Cakupan Prilaku Konsumen
Siapa
sebenarnya konsumen itu ?
Dalam
mempelajari pemasaran tentunya kita sudah sering mendengar tentang konsumen,
pertanyaan yang saat ini timbul adalah taukah kalian siapakah yang di
definisikan sebagai konsumen.
Pasar konsumen adalah kelompok individual (perorangan maupun
rumah-tangga) yang membeli dan mengkonsumsi barang atau jasa untuk kepentingan
pribadi maupun keluarganya, tidak ada maksud lain.
(Budiarto,
teguh (1993). Dasar pemasaran. Jakarta: gunadarma )
Dari definisi
pasar konsumen kita dapat mendefinisikan bahwa konsumen
adalahseseorang (individual) yang mengkonsumsi barang atau jasa untuk
kepentingan pribadi maupun keluarganya, dan tidak memiliki maksud lain.
Selain itu
kita dapat melihat definisi konsumen menurut hukum tertulis sebagaimana PASAL 1
ANGKA 2 UU NO. 8 TAHUN 1999 yang mendefinisikan Konsumen adalah setiap orang
pemakai barang dan atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi
kepentingan sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak
diperdagangkan
Dalam
menjalankan usaha konsumen memberikan permintaan yang harus di di penuhi
kebutuhannya, apabila kita dapat melihat peluang deman tersebut maka kita dapat
membuat suatu usaha yang mungkin dapat menghasilkan profit apabila kita
melakukan sebuah reset atau penelitian lebih lanjut sebelum menjalankan usaha
yang di hasilkan peluangan yang kita dapatkan dari kebutuhan konsumen.
Ciri-ciri
konsumen :
Dua wujud
konsumen
1. Personal
Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk
penggunaannya sendiri.
2.
Organizational Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau
jasa untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan organisasi tersebut.
Kekuatan
utama yang dapat mempertajam penelitian konsumen
1. Membantu
mereka untuk mengetahui keinginan, kebutuhan sekaligus dengan kepuasan
konsumen.
2. Implikasi
yang banyak disarankan untuk menjadikan pemasaran berhasil adalah kenalilah
konsumen anda, berilah apa yang mereka inginkan, gunakan media yang menjadi
sasaran dan media baru, gunakan non-media, capailah konsumen di toko, tajamkan
promosi, bekerja sama dengan pengecer.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar