SEGMENTASI PASAR DAN ANALISIS DEMOGRAFI
PENGERTIAN, TUJUAN, DAN PERSYARATAN SEGMENTASI PASAR
Jerry W Thomas (2007) mengatakan bahwa
segmentasi pasar adalah pengelompokkan pasar berdasarkan kesamaan, kemiripan,
atau mempunyai keterkaitan yang sama. Tujuan
dari segmentasi pasar adalah agar dapat melakukan prioritas, titik berat, atau
konsentrasi usaha pemasaran dan mendorong pembagian (atau segmen pasar) untuk
mendapatkan keuntungan kompetitif dalam segmen tersebut. Sedangkan menurut Michael Richarme
(2004), tujuan segmentasi pasar adalah membagi konsumen menjadi
kelompok-kelompok yang berbeda sedemikian hingga pesan pemasaran dapat
dirancang sesuai kebutuhan yang spesifik dari setiap kelompok konsumen
tersebut. Setiap segmen pasar memerlukan karakteristik atau fitur produk yang
berbeda, strategi promosi yang berbeda, strategi harga yang berbeda, bahkan
mungkin saluran distribusi yang berbeda juga. Hal tersebut menunjukkan bahwa
identifikasi atau analisis sebuah segmen pasar perlu dilakukan secara hati-hati,
bahkan memerlukan metode riset dengan menggunakan teknik analisis yang rumit
dan kompelks. Namun semuanya tetap disesuaikan dengan kondisi dan karakteristik
dari perusahaannya. Identifikasi segmen pasar yang baik atau tepat harus
memenuhi persyaratan yang mencakup:
1.
Homogen di dalam segmen tersebut.
2.
Heterogen antar segmen.
3.
Segmen dapat diukur dan memang penting.
4.
Segmen dapat dibedakan secara jelas dari segmen lainnya.
5.
Segmen dapat diakses atau digarap dan ditindaklanjuti oleh
perusahaan, dan
6.
Segmen dapat menjadi sasaran yang menguntungkan.
TIPE ATAU JENIS SEGMEN PASAR
Teknik
segmentasi pasar bisa sederhana atau bisa juga cukup rumit. Hal ini tergantung
pada seberapa banyak faktor atau variabel yang digunakan untuk membedakan
sebuah segmen pasar dibandingkan dengan segmen yang lainnya. Faktor atau
variabel tersebut cukup hanya satu atau dua variabel saja, atau mungkin lebih
banyak variabel yang digunakan untuk membuat segmentasi pasar. Sejumlah
variabel yang digunakan dalam segmentasi pasar adalah sebagai berikut :
1.
Variabel Geografis, misalnya wilayah, ukuran populasi, kepadatan,
penduduk, iklim, dan lain-lain.
2.
Variabel Demografi, misalnya umur, jenis kelamin, besarnya
keluarga, pendidikan, penghasilan, jenis pekerjaan, agama, faktor sosio
ekonomi, bangsa, atau bahasa.
3.
Variabel Psikografi, misalnya keperibadian, gaya hidup, nilai yang
dianut, atau sikap, dan
4.
Variabel Perilaku, misalnya tingkat konsumsi atau penggunaan
barang, loyalitas terhadap merek, dan lain-lain.
Berdasarkan faktor pertimbangan atau variabel utama yang digunakan maka segmentasi pasar terdiri dari beberapa jenis atau tipe, yaitu :
1.
Segmentasi Geografis
Segmen berdasarkan batas-batas wilayah tertentu, misalnya sebuah perusahaan hanya memasarkan barang atau jasa di wilayah tertentu saja, atau tidak di tempat lain.
Segmen berdasarkan batas-batas wilayah tertentu, misalnya sebuah perusahaan hanya memasarkan barang atau jasa di wilayah tertentu saja, atau tidak di tempat lain.
2.
Segmentasi Distribusi
Segmen berdasarkan saluran distribusi tertentu saja, misalnya sebuah produk hanya dipasarkan melalui toko-toko tertentu atau sebuah produk pakaian hanya dijual pada satu butik terkenal saja.
Segmen berdasarkan saluran distribusi tertentu saja, misalnya sebuah produk hanya dipasarkan melalui toko-toko tertentu atau sebuah produk pakaian hanya dijual pada satu butik terkenal saja.
3.
Segmentasi Media
Segmen berdasarkan jenis media promosi tertentu, misalnya sebuah produk elektronik hanya dipasarkan melalui promosi gencar hanya melalui TV saja.
Segmen berdasarkan jenis media promosi tertentu, misalnya sebuah produk elektronik hanya dipasarkan melalui promosi gencar hanya melalui TV saja.
4.
Segmentasi Harga
Berdasarkan perbedaan harga, misalnya sebuah perusahaan otomotif memproduksi dan memasarkan mobil dengan jenis berbeda-beda tergantung kisaran harganya (mahal, cukup mahal, atau murah).
Berdasarkan perbedaan harga, misalnya sebuah perusahaan otomotif memproduksi dan memasarkan mobil dengan jenis berbeda-beda tergantung kisaran harganya (mahal, cukup mahal, atau murah).
5.
Segmentasi Demografis
Segmen pasar berdasarkan karakteristik atau ciri individu dari konsumennya, misalnya produk yang dipasarkan untuk jenis kelamin tertentu, tingkat pendidikan tertentu, atau berdasarkan ciri individu lainnya.
Segmen pasar berdasarkan karakteristik atau ciri individu dari konsumennya, misalnya produk yang dipasarkan untuk jenis kelamin tertentu, tingkat pendidikan tertentu, atau berdasarkan ciri individu lainnya.
6.
Segmentasi Waktu
Segmen pasar berdasarkan waktu pemasaran atau penjualan tertentu, misalnya sebuah toko hanya buku di waktu-waktu tertentu yang berbeda dengan yang lain, atau nalah buka 24 jam.
Segmen pasar berdasarkan waktu pemasaran atau penjualan tertentu, misalnya sebuah toko hanya buku di waktu-waktu tertentu yang berbeda dengan yang lain, atau nalah buka 24 jam.
7.
Segmentasi Gaya Hidup atau Psikografi
Segmen berdasarkan analisis multivariate (banyak aspek) dari konsumennya yang dapat mencakup perilaku, nilai yang dianut, sikap, emosi, persepsi, keyakinan, atau minat. Tipe segmen pasar ini relative lebih kompleks dan biasanya memerlukan kegiatan riset kuantitatif dengan berbagai teknik atau metode riset yang relevan.
Segmen berdasarkan analisis multivariate (banyak aspek) dari konsumennya yang dapat mencakup perilaku, nilai yang dianut, sikap, emosi, persepsi, keyakinan, atau minat. Tipe segmen pasar ini relative lebih kompleks dan biasanya memerlukan kegiatan riset kuantitatif dengan berbagai teknik atau metode riset yang relevan.
MANFAAT SEGEMNTASI PASAR
Manfaat yang lain dengan dilakukannya segmentasi pasar, antara lain :
Manfaat yang lain dengan dilakukannya segmentasi pasar, antara lain :
1.
Perusahaan akan dapat mendeteksi secara dini dan tepat mengenai
kecenderungan-kecenderungan dalam pasar yang senantiasa berubah.
2.
Dapat mendesign produk yang benar-benar sesuai dengan permintaan
pasar.
3.
Dapat menentukan kampanye dan periklanan yang paling efektif.
4.
Dapat mengarahkan dana promosi yang tersedia melalui media yang
tepat bagi segmenyang diperkirakan akan menghasilkan keuntungan yang lebih
besar.
5.
Dapat digunakan untuk mengukur usaha promosi sesuai dengan masa
atau periode-periode dimana reaksi pasar cukup besar.
Gitosudarmo (2000) menambahkan
manfaat segmentasi pasar ini, sebagai berikut :
1.
Dapat membedakan antara segmen yang satu dengan segmen
lainnya.
2.
Dapat digunakan untuk mengetahui sifat masing-masing
segmen.
3.
Dapat digunakan untuk mencari segmen mana yang potensinya paling
besar.
4.
Dapat digunakan untuk memilih segmen mana yang akan dijadikan
pasar sasaran.
Hermawan Kertajaya mengatakan bahwa
peranan segmentasi pasar adalah :
1.
Memungkinkan kita untuk lebih fokus masuk ke pasar
sesuai keunggulan kompetitif perusahaan kita.
2.
Mendapatkan input mengenai peta kompetisi dan posisi kita di
pasar.
3.
Merupakan basis bagi kita untuk mempersiapkan strategi marketing
kitaselanjutnya.
4.
Faktor kunci mengalahkan pesaing dengan memandang pasar dari
sudut unik dancara yang berbeda.
PROSES SEGMENTASI PASAR
Proses segmentasi pasar terbagi menjadi beberapa tahap yaitu :
Tahap
survei;
Tahap
analisa data;
Tahap
pembentukan segmen-segmen pasar;
Tahap
identifikasi segmen-segmen pasar;
Tahap
targeting segmen pasar.
ANALISIS
DEMOGRAFI
Analisis
Demografi adalah analisis penduduk dari rahim hingga liang kubur (from thewomb
to the tomb) karena meliputi analisis penduduk pada seluruh siklus
kehidupanmanusia sejak dari kandungan sampai meninggal.
Demografi, ini merujuk data statistik penduduk, termasuk
pendapatan, rata-rataumur, dan pendidikan. Kalau menurut Hermawan, demografi
ini termasuk dalam Static Attribute Segmentation, atau cara memandang pasar
berdasarkan geografis dan demografi. Geografis berarti kita melihat pasar
berdasarkan wilayah (negara,kawasan, propinsi, kota). Sedangkan demografi
berati kita melihat pasarberdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan,
agama dan pendidikan.
MANFAAT ANALISIS DEMOGRAFI
1.
Mempelajari kuantitas dan distribusi penduduk dalamsuatu daerah
tertentu.
2.
Menjelaskan pertumbuhan penduduk pada masalampau,
kecenderungannya, dan persebarannyadengan sebaik-baiknya dan dengan data yang
tersedia.
3.
Mengembangkan hubungan sebab akibat antara perkembangan penduduk
dengan bermacam-macam aspek organisasi sosial, ekonomi, budaya, lingkungandan
lain-lain.
4.
Pemperkirakan pertumbuhan penduduk (proyeksipenduduk) pada masa
yang akan datang dan kemungkinan-kemungkinan konsekuensinya.
Sumber :
Jerry W. Thomas (2007) “Market
Segmentation”. Decision Analyst.
Beth Horn dan Wei Huang (2009)
“Comparison of Segmentation Approaches”. Decision Analyst.
http://www.scribd.com/doc/43410656/Perilaku-Konsumen-Full
Tidak ada komentar:
Posting Komentar